Kegunaan PC Lama

Hanya karena membeli PC baru, tidak berarti Anda harus membuang yang lama. Berikut ini adalah cara untuk memanfaatkan komputer lama Anda.

Setelah sekian lama menabung, akhirnya Anda membeli PC baru. PC tersebut processor-nya lebih kencang, harddisk-nya lebih besar, video card-naya lebih cepat. Sekarang komputer Anda nganggur. Apakah Anda akan membiarkan komputer itu begitu saja? Kasihan kan setelah selama ini menemani Anda dengan setia, lalu dibuang begitu saja setelah ketemu yang baru. Anda dapat melakukan banyak hal dengan PC lama. Mari kita melihat beberapa cara untuk memanfaatkan kembali PC lama Anda.

Dijadikan NAS atau Home Server 

  Jika Anda memiliki jaringan di rumah dan memiliki beberapa komputer, PC lama itu bisa digunakan kembali sebagai NAS (Network Attached Storage) atau bahkan sebagai Server.

Anda dapat mengubah PC lama menjadi NAS dengan menggunakan FreeNAS. FreeNAS adalah open source software yang dirancang untuk mengubah PC menjadi perangkat NAS. Aplikasi ini didasarkan pada FreeBSD, yang merupakan varian dari UNIX.FreeNAS bisa di-download gratis dari http://freenas.org/downloads.

Anda juga bisa menggunakan Windows Server, tapi itu akan membutuhkan biaya tambahan karena harus membeli lisensinya. Selain itu, Windows Server membutuhkan hardware yang cukup baru. Tidak efektif jika PC lama Anda masih berada di zamannya Pentium MMX.
Hal lain yang harus diperhatikan adalah kebanyakan sistem desktop tidak dikonfigurasi untuk server atau sistem penyimpanan. Desktop PC umumnya memakan daya yang terlalu besar. Yang bisa Anda lakukan adalah mengatur manajemen daya lewat BIOSdan lewat OS.

Ingatlah bahwa Anda mungkin akan ingin menjalankan server Anda ‘’hendless” yaitu tanpa monitor, keyboard, dan mouse. Sementara Anda akan memerlukan monitor dan keyboard untuk pengaturan awal, pastikan sistem Anda berjalan dengan baik tanpa mereka.

Sumbangkan ke Lembaga Pendidikan

Jika PC Anda tidak terlalu kuno, pertimbangkan untuk menyumbangkan ke lembaga pendidikan yang benar-benar membutuhkan. Contohnya panti asuhan atau tempat pendidikan untuk anak jalanan.

Jika Anda menyumbangkan ke tempat seperti itu, peertimbangkan untuk menginstal OS-nya (jangan dibiarkan kosong), dan menginstal beberapa aplikasi untuk pendidikan sebelum diserahkan.

Jadikan sebagai Objek Eksperimen

Sewaktu PC lama itu masih digunakan untuk kegiatan sehari-hari, Anda tentu masi memiliki perasaan ragu untuk mengutak-atiknya sebagai percobaan. Tapi, karena sekarang sudah ada PC baru, dapat melakukan berbagai percobaan sesuka Anda pada PC lama.

Percobaan apa saja yang bisa dilakukan? Banyak sekali. Salah satu contohnya adalah mencoba menginstal linux berbarengan dengan Windows di dalam satu hardisk atau dual boot.  Atau Anda mungkin bisa bereksperimen mengutak-atik OS, walaupun cukup bisa membahayakan sistem. Lakukan saja. Karena bila OS itu rusak, toh bisa di-instal ulang tanpa membahayakan data-data penting Anda.

Atau Anda ingin mempelajari cara instal OS lain selain Windows dan Linux. Karena masih banyak sekali OS di luar Windows dan Linux. Ada FreeBSD, OpenSolaris, AIX dan lain-lain.

Berikan ke Keluarga 

Tidak semua orang beruntung, mungkin saja ada keluarga atau kerabat Anda yang komputernya masih jadul sekali atau bahkan tidak punya sama sekali. Anda bisa memberikannya pada mereka, keseluruhan satu unit atau hanya beberapa komponennya saja. Misalnya, Anda seorang gamer dan hobi gonta-ganti video card , maka video card lama itu bisa dihibahkan.
Tapi saat menghibahkan sebuah PC ke keluarga ada konsikuensinya. Mau tidak mau Anda akan menjadi technical support yang bersedia ditelepon kapanpun. Apalagi si kerabat itu sama sekali tidak mengerti komputer dan sebentar-sebentar menelepon  Anda saat ada masalah dengan PC itu.

Gunakan untuk Bermain Game Jadul 

  Ingin bernostalgia dengan game-game lama? Anda bisa menginstal Windows 98 atau Windows 95, sehingga dapat menjalankan game berbasis DOS. Beberapa game berbasis DOS yang dulu pernah populer , antara lain Doom II, Duke Nukem 3D, The Secret  of Monkey Island, Civilization, Command n Conquer, The Settlers II dan Ultima VIII.

Alternatif lainnya, Anda bisa menginstal MAME (Multiple Arcade Machine Emulator). MAME adalah aplikasi gratisan yang dirancang sebagai emulator dari hardware yang dimiliki mesin-mesin arcade. Mesin Arcade adalah mesin game yang dioperasikan dengan menggunakan koin. Kita disini mengenalnya dengan nama dingdong.  MAME bisa di-download dari http://mamedev.org. Untuk ROM-nya atau istilahnya “kasetnya”, bisa di-download dari www.rom-world.com/dl.php?name=MAME.

Jual 

  Bila semua opsi di atas tidak ada yang memuaskan, Anda bisa menjualnya ke orang lain. Penjualannya bisa dilakukan secara lansung atau diiklankan melalui forum jual-beli di Internet., pastikan di iklan yang Anda buat itu menyertakan gambar produk sebenarnya dengan ukuran dan kualitas gambar yang layak. Dan jangan lupa untuk menyertakan nomor kontak Anda agar bisa dihubungi oleh si calon pembeli.

Yang harus Anda perhatikan saat berjual beli melalui Internet adalah waspada. Jangan peernah memberikan barang Anda sebelum uang diterima. Sebagai penjual Anda juga harus jujur dengan menginformasikan kondisi barang, apakah ada yang rusak atau tidak.

Umumnya semua forum di Internet memiliki bagian khusus untuk transaksi jual-beli. Namun yang paling ngetop di Indonesia adalah forum jual beli yang ada di kaskus.us. untuk bisa mem-posting baarabg jualan disana, Anda harus mendaftarkan diri dulu. Gratis !! Percayalah, kalau memang harga yang Anda tawarkan itu benar-benar miring, barang rusak pun bakalan ada yang membeli atau setidaknya menawar.

0 komentar:

Posting Komentar