Kegunaan CPU si Otak Komputer

Central Procesing Unit (CPU) atau sering dikenal dengan sebutan otak dari komputer. CPU dapat juga dikatakan sebagai pusat proses sering juga di sebut mikroprosesor.


Secara umum CPU didefinisikan sebagai sebuah kotak ajaib, dimana seluruh device atau peripheral dirakit didalamnya.


Definisi secara teknik, CPU sebagai tempat processor (si otak) yang di pasang dalam sebuah arsitektur sistem komputer.


 Merk-merk besar yang mendominasi CPU yang dikenal hingga kini yaitu seperti Intel, AMD, Cyrix, Motorola, Fujitsu dan IBM.


Dalam perkembangannya CPU masih terus dapat bersaing dengan produk sejenis yang lebih compact seperti netbook, laptop, ipad dan lain sebagainya. Penggunanya masih mengakui keunggulan dalam segi keawetan dan banyaknya kegunaan didalamnya. Banyak CPU yang dapat bertahan hingga beberapa tahun bila dibandingkan dengan produk-produk komputer jinjing. Oleh karena itu CPU tetap menjadi primadona dalam dunia teknologi saat ini.


Kegunaan CPU


Pada dasarnya CPU menjadi bagian terpenting dalam satu-kesatuan konstruksi bernama komputer. Kegunaan CPU bisa di jabarkan menjadi banyak macamnya, diantaranya:


  • Sebahgai pelindung hardware atau peripheral utama seperti motherboard, hardisk, mikroprosesor, memori powersuply dan pheripheral yang lainnya.
  • menginspeksi sistem BIOS untuk mendistribusikan suatu program yang akan dijalankan oleh unit pemroses sentral pada sebuah komputer.
  • melakukan proses aritmatika dan logika terhadap data dari memori yang merupakan informasi dan dimasukkan melalui ke perangkat keras, seperti keyboard, dan lain sebagainya.
  • Sebagai pusat alat-alat pendukung seperti monitor, printer, modem, scanner, keyboard, mouse dan lain sebagainnya mengirim sebuah perintah yang akan dijalnkan oleh si otak komputer (CPU) sesuai fungsinya masing-masing.
  • CPU juga berfungsi sebagai tempat seluruh pusat data dalam proses menggunakan komputer. 
Cara kerja CPU    
CPU dijalankan dengan sekumpulan instruksi dari hardware atau device penyimpan data seperti hardisk, disket, cd, dan di instruksikan oleh user melalui alat seperti mouse, keyboard, scanner, printer, modem dan lain sebagainya. Perintah itu berada dalam bentuk data yang diambil kemudian disimpan dahulu di RAM (memori fisik). Didalam RAM setiap data yang akan diproses akan diberikan alamat-alamat uniknya sendiri atau disebut alamat-alamat memori.


CPU kemudian akan mengakses atau memproses alamat-alamat memori sesuai perintahnya dan menjadikannya output yang dapat dimengerti oleh user.


Kegunaan CPU akan terus optimal apabila dilakukan perawatan-perawatan oleh pemiliknya. Seperti setiap enam bulan sekali membuka dan membersihkan CPU beserta pheripheral didalamnya. Berikan jarak ventilasi yang cukup agar panas yang dihasilkan cpu dapat tidak terhambat. 


UPS dan stabilizer dapat menjadi pilihan untuk menjaga tegangan listrik kedalam komputer tetap stabil. Jauhkan juga CPU dari alat-alat elektrnik lainnya yang memiliki medan magnet yang tinggi dan dapat mengganggu proses kerja CPU dan pheripheral lainnya. 


Sama seperti otak manusia apabila perawatan baik maka kegunaan cpu sebagai si otak komputer akan tetap briliant atau optimal kinerjanya.    
 

0 komentar:

Posting Komentar